Pengertian Manusia dan Tanggung Jawab

Dalam kehidupan bermasyarakat, manusia merupakan makhluk sosial. Ia tidak dapat hidup sendiri dengan perangkat nilai-nilai yang ada. Nilai-nilai tersebut yang diperankan oleh setiap manusia dan terjalin antar manusia haruslah dipertanggung jawabkan sehingga tidak mengganggu kedamaian yang ada. Tanggung jawab erat kaitannya dengan kewajiban.

Tanggung jawab adalah perbuatan yang terpuji dari dalam diri manusia, hal ini setiap manusia tidak dapat melepaskan  kehidupan sekitar yang menuntut kepedulian dan tanggung jawab. Ini lah yang menyebabkan perbedaan tanggung jawab setiap individu berbeda.

            Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Manusia yang bertanggung jawab adalah manusia yang berani menghadapi masalahnya sendiri.


Macam-macam tanggung jawab

1.      Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
           Dalam kesadaran setiap individu, masing-masing mempunyai tanggung jawab yang berbeda tergantung bagaimana cara mengembangkan kepribadian sebagai manusia. Dengan itu setiap individu dapat memecahkan masalah-masalah mengenai dirinya sendiri

2.      Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
            Keluarga merupakan masyarakat kecil. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab pada keluarganya. Tanggung jawab ini tidak hanya menyangkut nama baik keluarga, tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan.

3.      Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
           Manusia membutuh manusia lain dalam melakukan segala aktifitas. Sehingga manusia tersebut dapat dikatakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawabnya tersendiri demi berlangsungnya kehidupan di masyarakat tersebut.

4.      Tanggung Jawab Kepada Bangsa / Negara
           Dalam berbangsa dan bernegara, selalu ditegakan aturan-aturan dan norma-norma dalam berfikir dan bertindak. Jika perbuatan seorang individu sudah melanggar aturan dan norma yang ada akan di berikan sangsi, maka setiap manusia harus bertanggung jawab kepada bangsa dan negaranya.

5.      Tanggung Jawab terhadap Tuhan
Berbagai tanggung jawab ini, membentuk suatu relasi tanggung jawab yang terjadi antara Tuhan, manusia dan alam. Hal tersebut meliputi antara lain: tanggung jawab manusia terhadap Tuhan, tanggung jawab manusia terhadap sesama, tanggung jawab manusia terhadap alam semesta serta tanggung jawab manusia terhadap dirinya sendiri. 

Tanggung jawab manusia terhadap Tuhan meliputi dua aspek pokok.
Pertama, mengenal Tuhan.
Kedua, menyembah dan beribadah kepada-Nya.

Pengabdian dan Pengorbanan

            Wujud tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian dan pegorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri. Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta kasih sayang, norma, atau satu ikatan dari semua itu dilakukan dengan ikhlas.

            Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengorbanan dapat berupa harta benda, pikiran dan perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwanya. Pengorbanan diserahkan secara ikhlas tanpa pamrih, tanpa ada perjanjian, tanpa ada transaksi, kapan saja diperlukan. Pengabdian lebih banyak menunjuk pada perbuatan sedangkan pengorbanan lebih banyak menunjuk pada pemberian sesuatu misalnya berupa pikiran, perasaan, tenaga, biaya. Dalam pengabdian selalu dituntut pengorbanan, tetapi pengorbanan belum tentu menuntut pengabdian.

SUMBER:
Seri Diktat Kuliah MKDU: Ilmu Budaya Dasar karya Widyo Nugroho dan Achmad Muchji, Universitas Gunadarma


Tidak ada komentar:

Posting Komentar